BKKBN Purwakarta Berharap Melalui Orientasi TPK Dapat Membantu Menurunkan Angka Stunting

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 17:48 WIB
Satgas Stunting Kabupaten Purwakarta Usep Yusup, saat sedang memberikan materi kepada TPK di aula desa Bungursari kecamatan Bungursari, Sabtu, (18/3/2023).
Satgas Stunting Kabupaten Purwakarta Usep Yusup, saat sedang memberikan materi kepada TPK di aula desa Bungursari kecamatan Bungursari, Sabtu, (18/3/2023).

Sisijabar.com - Untuk penguatan terhadap Tugas Tim Pendamping (TPK) dalam hal penurunan angka stunting di Kabupaten Purwakarta, Satgas stunting Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) mengorientasi Kader KB.

Tehnikal asisten Kabupaten Purwakarta Usep Yusup selaku pengawal stunting atau satgas stunting terkait program stunting Purwakarta mengatakan dengan adanya orientasi TPK ini diharapkan kedepannya diperoleh TPK yang benar-benar paham dengan materi stunting dan program-program yang ada di BKKBN.

"Tugas dari Tim Pendamping Keluarga adalah melakukan serangkaian kegiatan terhadap keluarga yang memiliki ibu hamil, pasca salin, anak dibawah 5 tahun dan calon pengantin untuk deteksi dini faktor stunting dan melakukan upaya meminimalisir atau pencegahan pengaruh faktor risiko stunting," katanya, Sabtu, (18/3/2023) disela-sela orientasi TPK bertempat di aula desa Bungursari kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Baca Juga: Untuk Menekan Angka Stunting Petugas Lapangan KB Kecamatan Bungursari Orientasi 120 TPK

Materi yang disampaikan dalam orientasi TPK ini menurut Usep terkait dengan Konsepsi tugas dan fungsi dari TPK, terkait mekanisme kerja dan memaparkan juga mempraktikkan aplikasi Elsimil dan optimalisasi kampung KB untuk penurunan angka stunting di masyarakat.

Selain disebutkan tadi menurutnya dalam orientasi TPK ini juga diadakan penguatan komunikasi antar pribadi, Jam Pelajaran (JP) yang maksimal.

"Kami berharap para TPK ini sebelum terjun ke masyarakat dapat memahami dengan isi materi yang disampaikan oleh narasumber tadi agar ketika dilapangan mahir dalam aplikasi Elsimil untuk menjelaskan kembali kepada masyarakat,"katanya.

Dengan demikian, papar Usep Yusup, selaku pengawal program dari BKKBN ini para TPK yang telah mengikuti orientasi dapat menularkan kembali penyampaian informasi dan stunting.***

Editor: Yusup Bahtiar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X